Idul Adha, Tradisi di Beberapa Negara Muslim Dunia

Idul Adha, Tradisi di Beberapa Negara Muslim Dunia

courtesy : popbela
Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban 1441 Hijriyah jatuh dan akan dirayakan padatanggal 31 Juli 2020. Diantara Ormas Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah memastikan Jumat (31/07/20) adalah waktu Idul Adha 1441 Hijriyah.

Tak hanya di Indonesia yang merupakan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, tapi juga jutaan Muslim dari seluruh dunia akan berkumpul untuk memperingati peristiwa kepatuhan Nabi Ibrahim AS ketika ia tunduk pada kehendak Allah dan setuju untuk mengorbankan putranya Ismail AS.

Klik atau Tekan Saja Foto di Bawah Ini Untuk Pemesanan Langsung

Dikutip dari Portal Berita Human Appeal yang berbasis di Inggris, di Eropa dan AS, umat Islam biasanya melewatkan sarapan dan langsung pergi ke mesjid setempat untuk shalat Ied dan khotbah Idul Adha. Setelah itu mereka pulang untuk makan bersama keluarga, teman, dan tetangga.

Perayaan Idul Adha lebih dikenal sebagai 'Idul Fitri Kibr' di Mesir, dan dirayakan lebih meriah daripada Idul Fitri. Hari itu dimulai dengan cara tradisional, dengan doa dan khotbah diikuti oleh pertemuan keluarga besar. Orang-orang akan bertemu dengan teman-teman mereka dan orang-orang terkasih dan berharap satu sama lain ‘kolana wa inta tayeb’. Ini berarti 'Saya harap setiap tahun menemukan Anda dengan baik'.

Klik atau Tekan Saja Foto di Bawah Ini Untuk Pemesanan Langsung

Di Pakistan, Idul Adha dirayakan dengan hari libur keagamaan selama 4 hari, daripada perayaan 3 hari yang umum di sebagian besar negara lain. Semua toko tutup dan orang-orang menghabiskan hari dalam doa dan melakukan pengorbanan Qurbani. Daging dari hewan korban kemudian dibagikan kepada teman, saudara dan orang miskin. Seperti di negara lain, keluarga akan berkumpul untuk berbagi makanan dan bertukar hadiah.

Sebelum tiba hari raya Idul Adha yang dikenal sebagai ‘Kurbanir Eid’ atau ‘Bakri Eid’ di Bangladesh, didahului dengan perayaan festival yang dilaksanakan hampir sebulan. Persiapan akan dilakukan dengan toko-toko yang dihias warna warni, toko cinderamata dan pedagang kain mengisi rak-rak mereka dengan barang-barang yang dinikmati oleh keluarga di seluruh negeri. Di Bangladesh, sapi, kambing dan kerbau biasanya dipilih dan penyembelihan hewan kurban akan dimulai langsung setelah namaz (upacara doa) pada hari pertama, berlanjut selama dua-tiga hari berikutnya.(Red)

Post a comment

0 Comments